Monday, May 9, 2016

Cara Membuat Hidroponik Model System Tetes (Drip Irrigation)

Cara Membuat Hidroponik Model System Tetes (Drip Irrigation)


Membuat hidroponik model system tetes (Drip Irrigation) pada prinsipnya yaitu mengalirkan larutan nutrisi dalam bentuk tetesan yang menetes secara terus menerus sepanjang waktu. Tetesan tersebut diarahkan pada daerah perakaran tanaman agar tanaman dapat langsung menyerap air dan nutrisi yang diberikan. Tetetan larutan nutrisi tersebut dapat diatur agar tidak menggenangi tanaman. System tetes ini pada prinsipnya sama saja dengan menyiram tanaman tetapi dilakukan secara otomatis, terus menerus dan sesuai takaran nutrisinya.

Berikut ini cara membuat hidroponik system tetes :

Peralatan yang dibutuhkan

1. Dripper Set (Dripper, Nipper dan Microtube)
2. Bak Penampungan Nutrisi
3. Pompa
4. Pipa Nutrisi (Polypipe)
5. Polybag
6. Alat Timer

Cara Merakit peralatan diatas

1. Persiapkan Dripper Set (Dripper, Nipper dan Microtube)

2. Siapkan Bak penampungan nutrisi dan pompa airnya, buat lubang untuk aliran air nutrisi dari pompa dan untuk buangan udara.

Hidroponik Model System Tetes

3. Pasang pipa nutrisi (Polypipe) di dekat polybag, panjang pipa/polypipe dan kekuatan pompa disesuaikan dengan kebutuhan.

Hidroponik Model System Tetes

4. Setelah semua terpadang dengan baik, lakukan uji coba (Test Fertigation dengan air biasa), tempatkan gelas plastik di masing-masing ujung dripper, jalankan pompa dan ukur keluaran air selama 5 menit untuk mendapatkan 100 ml, atur sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Hidroponik Model System Tetes

5. Setelah test aliran nutrisi, kemudian test pewaktu (timer), kapan dan berapa lama proses penetesannya.

Hidroponik Model System Tetes

6. Sekarang Systim tetes (Drip Irrigation) sudah siap digunakan. Periksa selalu kebutuhan nutrisinya, peralatan dan aliran nutrisi tersebut, sehingga jika terjadi kendala dapat langsung teratasi.

Hidroponik Model System Tetes

Load disqus comments

0 komentar